Halaman

Jumat, 16 November 2012

Suka atau Cinta?



Dalam bahasa jepang, ada ungkapan aishiteruyo dan ada ungkapan sukidayo. Aishiteruyo biasanya diucapkan oleh laki-laki dewasa ke pada wanitanya saat hubungan mereka telah berjalan serius, sedangkan untuk yang masih dalam masa-masa ababil, mereka biasa mengatakan sukidayo (diambil dari berbagai sumber dan berbagai manga). Hm.. kurang lebih artinya itu… Aishiteruyo adalah aku cinta kamu, sedangkan sukidayo adalah aku suka kamu.
Nah, tulisan ini sekedar curhatan aja yah.. Sekedar pengakuan sekaligus pelajaran buat temen-temen pembaca.
OK! Sahabat ku ada banyak, tapi teman curhat yang ku percaya bisa dihitung pakai jari. Dari beberapa sahabat terpercaya yang mengerti seperti apa diriku ini, yang selalu menjadi cermin dalam hidup ku, dan yang akan melihat dahiku sementara aku gak akan pernah bisa lihat dahi ku sendiri (coba deh lihat dahi mu sendiri. Bisa gak?), mereka berkata bahwa aku adalah tipe orang yang sangat mudah menyukai seseorang, atau lebih tepatnya banyak orang. Tapi aku jarang jatuh cinta. Dan anehnya, aku baru sadar soal itu saat ada tiga orang yang mengatakannya pada ku. (WOW!!!)
Beberapa sahabat ku memberikan ku contoh singkat soal orang-orang yang aku sukai. Sewaktu SD dan SMP, hidup ku datar-datar saja, masih polos kayaknya (Hehehe..). Tapi sewaktu SMA, aku mulai suka pada kakak kelas. Duh.. awalnya aku perhatian aja sama kakak kelas ku yang model rambutnya tuh lurus banget kayak yang ada di film-film kartun jepang (sewaktu SMP aku maniak Anime). Dari hari ke hari, aku sering banget ngeliatin kakak kelas itu yang ternyata jadwal olah raga kelasnya sama dengan kelas ku. Waaahhh.. terus aku tau deh kalo dia itu suka main sepak bola (ini pas aku ngefans berat sama Milan, sekitar tahun 2006). Positif dah, aku makin terpesona sama kakak kelas ini.
Selama dua tahun, sampe kakak kelas ku itu lulus, aku nggak berani ngomong sama dia. Padahal sahabat ku sering ngobrol sama kakak itu, dan temen dekat ku yang lain adalah adik kelasnya saat SMP, tapi aku nggak pernah punya keberanian untuk sekedar menyapa. Yah, akibatnya sampai saat ini aku nggak tau orang itu ada dimana.
Setelah dia lulus, aku suka sama seseorang (Ecieeehhhh..). Kali ini aku bertekad untuk berani ngomong dan akhirnya aku pun berani nyapa. Yah, sekedar berani. Kemudian waktu-waktu yang panjang dan tidak bisa dijelaskan dalam masa-masa akhir tahun ku di SMA pun tak terasa telah berlalu. Aku pun menghadapi masa-masa kuliah.
Cerita demi cerita berlalu. Oh ya, aku menyukai banyak sekali senior dan teman seangkatan di masa-masa kuliah ini. Ada yang kusukai, ku coba menjadi lebih akrab, kemudian aku lupa kalo aku pernah suka sama dia setelah menjadi semakin akrab. Terus ada juga yang aku suka tapi ternyata udah punya pacar. Terus ada lagi yang aku suka, eh, malah sahabatnya yang suka sama aku, terus orang yang kusukai ternyata punya pacar beberapa minggu kemudian. Dan ada juga yang ku suka, dan suka sama aku. Tapi semua tidak berjalan cukup baik. Ah, gitu-itu deh yang namanya anak muda ya mba bro, bang bro?
Setelah tiga tahun di bangku kuliah, aku sadar, perasaan suka seperti apapun, jika belum saatnya, hanya akan membawa banyak keburukan dari pada kebaikan. Hm.. sujud syukur deh, sekarang udah tobat. Tapi semua pengalaman yang ada harus bisa jadi pelajaran hidup ya.
Sahabatku pernah bilang, kalo aku ini memang mudah suka sama orang, tapi sulit jatuh cinta. Kalo udah jatuh cinta, sulit lupanya. Jadi untuk sekarang, sahabat ku bilang, mending jangan jatuh cinta kalo bikin semua berantakan lagi.

Aku pun berfikir apa sih suka itu, dan apa sih cinta itu? Kemudian aku pun merancang penelitian pribadi. Latar belakang ditetapkan, permasalahan disusun, dan tujuan serta manfaat pun dirancang. Kemudian studi pustaka pun aku lakukan, pengalaman kayaknya sudah cukup, nonton Anime udah banyak, wawancara pun sudah dilakukan. Selanjutnya? Aku pun membuat pembahasan hingga kesimpulan kecil aku ambil..

Kesimpulan yang aku ambil adalah..
Suka merupakan perasaan hormat. Suka merupakan perasaan kagum. Suka memiliki alasan dan biasanya berupa sesuatu yang bisa dirasakan atau diungkapkan lewat panca indra. Suka akan mudah tergantikan dan mudah hilang.
Sedangkan cInta merupakan perasaan yang tulus dan suci. Cinta selalu menginginkan yang terbaik untuk orang yang dicintainya. Cinta selalu ingin membahagiakan orang yang dicintainya. Cinta adalah sesuatu yang sulit untuk digantikan. Sesuatu yang lebih dari sekedar hormat untuk menuruti semua yang diinginkan. Dan sesuatu yang membuat cinta berbeda dengan suka adalah cinta membuat seorang laki-laki berani datang membawa mahar kepada orang tua si wanita dan bersaksi (berjanji) dihadapan Tuhan untuk mengemban tanggung jawab dari orang tua atas wanita yang dinikahinya.
Jadi, itu adalah tulisan saya, jika ada yang kurang tepat, ada kritik atau saran, silakan langsung saja komentar. Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman. Trims.. ^^

AKB48 _ Boku no Sakura (僕の桜)
  
    [Ino/Kas] GURAUNDO ni
    [Ino/Kas] hakusen wo hiki naoshite
    [Ino/Kas] taiyou no shita de
    [Ino/Kas] hashitte kita
    [Ino/Kas] seishun no hibi yo

    [Wat/Kik] kimi no michi wa
    [Wat/Kik] massugu ni nobiteiru yo
    [Wat/Kik] isshun no kaze wa
    [Wat/Kik] tsuchibokori to
    [Wat/Kik] omoide no kanata

    [Nak/Sae] dare ni mo
    [Nak/Sae] maketakunai nante
    [Kat/Hir] boku wa nanto
    [Kat/Hir] kisoi atteita no darou?

    mezashiteita GOORU made
    tadoritsukezu
    arukidasu
    [Ota/Tan/Nog/Sao] yume no tochuu de
    [Ota/Tan/Nog/Sao] nagashita namida
    [Ota/Tan/Nog/Sao] tenokou de nugutte
    mae wo hashiru senpai yo
    nagai kage wo
    miokutta
    [Ura/Nak/Yon/Mat] sakura wa chitte
    [Ura/Nak/Yon/Mat] eda wo nokoshi
    [Ura/Nak/Yon/Mat] rainen mata saku yo

    [Tan/Nog] SAKKAA bu no
    [Tan/Nog] kakegoe ga yanda koro ni
    [Tan/Nog] shizumu yuuyake wo
    [Tan/Nog] nagameteita
    [Tan/Nog] ano natsu no kodoku

    [Ota/Sao] omoi nayami
    [Ota/Sao] tachidomatta yume no KAABU
    [Ota/Sao] sonna toki kimi wa
    [Ota/Sao] kata wo tataki
    [Ota/Sao] oikoshite itta

    [Nak/Mat] senaka ga
    [Nak/Mat] oshiete kureta no wa
    [Ura/Yon] hito wa dare mo
    [Ura/Yon] chigau PEESU de hashiru koto sa

    mezashiteita GOORU de wa
    aoi sora ga 
    matteita
    [Ino/Kas/Wat/Kik] docchi ga saki ni
    [Ino/Kas/Wat/Kik] TEEPU wo kiru ka
    [Ino/Kas/Wat/Kik] dou demo ii koto sa
    sotsugyou shiki SHIIZUN wa
    mune no oku ni
    kaze ga fuku
    [Nak/Sae/Kat/Hir] kono hi no sakura wa
    [Nak/Sae/Kat/Hir] hanarebanare
    [Nak/Sae/Kat/Hir] dokoka de kimi omou

    mezashiteita GOORU made
    tadoritsukezu
    arukidasu
    yume no tochuu de
    nagashita namida
    tenokou de nugutte
    mae wo hashiru senpai yo
    nagai kage wo
    miokutta
    nokotta sakura mo
    itsuka kitto
    eda kara tabidatsu yo

English Translation Lyrics
   
    On the grounds
    The white line is drawn down again.
    Under the sun
    We come to run
    Every day of our youth.

    Your path
    Stretches straight ahead.
    A moment's breeze blows
    Dust and
    Memories to the other side

    Anyone
    Can be defeated:
    How do I
    Think I can compete?

    Aim at the goal until
    Your struggling lets you
    Start walking.
    In the middle of your dream,
    You'll shed tears.
    Wipe them with the back of your hand.
    Previously your senior ran.
    Their long shadow,
    You saw off.
    The sakura fall
    Off their branches.
    Next year, they'll bloom.

    The soccer club's
    Cheers have ended.
    The sunset sinks
    As I watch, it's
    That summer loneliness.

    I worry
    About my dream's path.
    In such times, you
    Tap my shoulder
    And pass me.

    Your back
    Tells me
    Everyone are people
    Who run at different paces.

    Aim at the goal as the
    Blue sky
    Awaits you.
    How you
    Broke the tape before
    Is inconsequential.
    Graduation ceremony season is
    Inside your heart
    And blows with the wind.
    On this day, the sakura
    Are scattered.
    Somewhere, you believe.

    Aim at the goal until
    Your struggling lets you
    Start walking.
    In the middle of your dream,
    You'll shed tears.
    Wipe them with the back of your hand.
    Previously your senior ran.
    Their long shadow,
    You saw off.
    Not yet have the sakura,
    Surely, someday they will,
    Began their trip from the branch.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar